Jumat, 19 Desember 2014

Klepon Makanan Tradisional Bali Indonesia

Klepon (diucapkan KLE-pon) adalah kue tradisional, populer di Indonesia dan Malaysia. Jajanan yang satu ini meskipun sudah berumur namun sepertinya tidak termakan umur dan berada di tepi jaman. Kelpon masih mudah ditemukan di berbagai tempat dari pasar sampai dengan hotel bekelas. Kelepon adalah kue dari bahan ketan, diisi dengan gula Bali cair (gula kelapa), dan berguling dalam parutan kelapa. Klepon hijau karena dibumbui dengan pasta yang terbuat dari pandan atau tanaman yang daunnya dracaena digunakan secara luas dalam masakan Asia Tenggara.

Di bagian lain Indonesia, seperti di Sumatera dan di negara tetangga Malaysia, kue tradisional klepon disebut sebagai onde-onde. Sementara di Bali onde-onde adalah merujuk ke Cina Jin deui, beras kue bola dilapisi dengan biji wijen diisi dengan pasta greenbean manis. Meskipun populer di seluruh Asia Tenggara, klepon mungkin berasal dari Bali.

Kue tradisional Klepon, bersama dengan getuk dan cenil biasanya dimakan sebagai cemilan pagi atau sore hari. Untuk makan klepon harus berhati-hati karena salah satu yang baru direbus biasanya berisi gula kelapa cair panas yang akan bisa muncrat ketika kita menggigit. Dalam penyajiannya biasanya kelepon disajikan dengan kelapa parut.
Kelepon mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan jajanan lain walupun dibuat dengan bahan yang sama yaitu bentuknya yang unik, entah dari mana model jajan kelepon ini diadopsi sehingga sampai sekarang bentuk kelepon di seluruh Bali semuanya sama. Adapun ciri fisiknya adalah bulat dengan ujungya yang agak runcing, jika diperhatikan mirip seperti tetesan air. Dalam penyajiannya biasanya kelepon disajikan dengan kelapa parut.

sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/54925f04a09a3934518b4569/?ref=homelanding&med=hot_thread

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih telah berkomentar di blog ini, salam sejahtera yah kawan :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011 Info Info Unik is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger